Menggali Potensi di Masa Pandemi - Anjangsana Sosial

Selasa, 01 September 2020

Menggali Potensi di Masa Pandemi


Tahun ini UKM Anjangsana Sosial (ANSOS) kembali menggelar acara talkshow yang diselenggarakan pada 15 Agustus 2020. Jika biasanya UKM ANSOS melaksanakan secara luring, maka untuk tahun ini pelaksannya dilakukan secara daring. 

Mengapa demikian? Karena, tahun ini negara kita sedang berjuang melawan virus korona, dimana pemerintah menghimbau warganya agar tidak berkerumun dan tetap tinggal di rumah untuk jangka waktu tertentu.

Tema yang diusung pada tahun ini ialah “Raih Masa Kini dengan Potensi” atau dapat disingkat menjadi  “RAKIT”. Kami mengundang kak Indra Sugiarto untuk menjadi pembicara yang merupakan pendiri dari @masukkampus dan juga seorang penulis buku.

Meskipun dilaksanakan secara daring, hal ini tidak melunturkan semangat baik dari panitia maupun peserta. Peserta pun tidak terbatas dari kalangan mahasiswa saja, bahkan siswa juga turut menghadiri acara ini. 

Acara berlangsung mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Banyak sekali hal menarik yang didapatkan selama acara berlangsung, baik dari pesan yang disampaikan oleh kak Indra maupun pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta. 


Salah satu pesan yang digaungkan oleh pendiri @masukkampus ialah mengenali potensi dalam diri. Bagaimana cara kita mengenali potensi diri? Tentunya kita perlu mengetahui apa yang kita sukai maupun tidak, yakin dengan diri sendiri dan tidak menyerah selama proses pencarian tersebut.
 
“Bilang ke diri kamu, kalau sedang masa belajar, ga masalah kalau kamu melakukan kesalahan dan ga masalah kalau kamu ceroboh. Itu semua it’s okay” sepenggal kalimat dari penulis buku Teman Berjuang itu terdengar sederhana namun sarat akan makna. 

Kita diajarkan untuk belajar menerima kegagalan dan kembali bangkit untuk terus berjuang menggapai mimpi melalui potensi diri. Tidak hanya membicarakan mengenai potensi, kak Indra juga mengajarkan mengenai growth mindset dan fixed mindset. 

Growth mindset merupakan pola pikir yang terus berkembang dan selalu ingin belajar. Sedangkan, fixed mindset cenderung membenarkan diri sendiri dan enggan mengubah pemikirannya juga merasa dirinya lah yang paling benar. Biasanya orang dengan fixed mindset menghindari tantangan karena merasa tantangan adalah hal yang menyusahkan.

Di sela-sela sesi webinar panitia menyediakan doorprize bagi peserta yang beruntung. Bahkan, dari pihak kak Indra sendiri pun menyediakan hadiah berupa satu buah buku untuk peserta yang memiliki pertanyaan paling menarik selama sesi tanya jawab.


Alhamdulillah, sesi kali ini berjalan dengan lancar. Antusias peserta sangat tinggi terlihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk dan respon positif di gfrom yang telah disediakan.

Semoga ilmu yang kita dapat dari acara talkshow kali ini bermanfaat dan kembali menyalakan api semangat dalam diri untuk terus belajar dan berjuang meraih mimpi serta cita-cita.






Dokumentasi : Ananda Genta Pitaloka & Zahra Yusr Aminah
Penulis : Aisyah Banowati
Penyunting : Diani Ratna Utami

Tidak ada komentar:

@ansos_pnj